Selasa, 26 Januari 2010

Mencari Teman Energik

Oleh M Abdullah Badri

Setelah keluarga, yang mempengaruhi kehidupan kita adalah lingkungan. Memilih teman bukan berarti berbuat tidak adil dan pilih kasih, namun untuk mengarahkan agar apa yang menjadi cita-cita menjadi kenyataan. Banyak orang baik, namun karena berkawan dengan orang yang salah, ia terjerumus dalam kubangan hidup.

Narkoba, seks bebas, balapan motor di jalan umum dan hidup tanpa aturan adalah bagian dari risiko berkawan dengan teman di lingkungan yang kurang baik. Tapi bukan berarti kita harus menghindari mereka. Sejatinya, mereka adalah teman kita yang hanya “tersesat gaul” sesaat. Kita yang harus membantu. Idealnya, pertemanan itu tidak membedakan kepada siapa kita berteman. Ada pepatah Arab mengatakan: lihatlah perkataan yang keluar, bukan orang yang mengucapkan. Nah, agar iklim pertemanan lebih energik, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan bareng:

1. Satu Motivasi, pertemanan akan membuahkan kesuksesan bila terlibat saling bersaing. Itu akan terjadi bila antar teman ada kesesuaian motivasi cita-cita. Kalau ingin agar kualitas menulis kita meningkat misalnya, carilah teman yang sebakat-sehobi dengan. Dijamin, akan ada persaingan. Ada baiknya tuh bila kita bergabung dalam komunitas atau club sehobi-sebakat.

2. Terbuka, pertemanan energik itu membutuhkan keterbukaan. Teman sejati itu bukan yang membenarkan semua tindakan kita, namun yang membuat kita menjadi lebih benar dan lebih baik. Teman seperti itu tidak akan sungkan untuk melontarkan kritik ketika kita melakukan kesalahan atau mengalami down motivation.

3. Konsisten, impian masa depan harus dijaga dengan baik bila ingin segera terwujud. Kalau tidak konsisten dalam menempuh jalan-jalan menuju impian itu, kita akan terputus di tengah jalan sebelum semua yang kita cita-citakan tercapai. Teman yang tidak konsisten pada upaya pencapaian cita-cita, tidak akan membuat kita lebih bersemangat, justru sering membuat kita bimbang.

4. Inovatif, energi kreatif kita akan melejit bila lingkungan kita mendorong untuk berinovasi. Teman yang suka pada hal-hal baru menjadi sumber inspirasi impian. Suatu kali, barangkali kita mengalami kebuntuan, dan kebuntuan itu akan terbuka bila ada teman yang tetap inovatif.

5. Setia, nah, ini yang penting. Dia ada untuk kita dalam kondisi apapun. Banyak teman kita yang pintar, kaya, tajir, dll, namun tidak banyak yang setia. Teman ini bukan hanya membuat kita berenergi, namun juga bahagia. Dia berteman dengan hati, bukan karena motivasi duniawi dan gengsi. Ayo, cari kawan sebanyak-banyaknya, asal jangan salah pilih!! Okeh…

(Dimuat Suara Merdeka, 24 Januari 2010)
Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar