Balasan Orang Kafir dan Takabbur - Tafsir Surat Yasin Ayat 7-8
Cari Judul Esai

Advertisement

Balasan Orang Kafir dan Takabbur - Tafsir Surat Yasin Ayat 7-8

M Abdullah Badri
Jumat, 16 Agustus 2019

penjelasan surat yasin ayat 7 dan 8 tentang balasan orang kafir
Gambaran orang sombong yang selalu mengangkat kepalanya ke arah langit (atas) sehingga dia tidak memiliki rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Foto: istimewa. 

Oleh M Abdullah Badri

AYAT 7 Surat Yasin, berbunyi:

لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَى أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Artinya:
"Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, kerena mereka tidak beriman". (QS. Yasin: 7).

Maksud ayat di atas adalah penegasan Allah Swt. atas akan diterimanya siksa bagi kebanyakan kaum Quraisy Makkah. Karena Allah, dengan ilmu-Nya yang Azali mengetahui bahwa kebanyakan kaum Quraisy tidak beriman kepada Allah dan kerasulan Nabi Muhammad Saw., seperti Abu Jahal, 'Utbah, Syaibah, Al-Mughirah dan lainnya.

Maksud objek ayat yang ditujukan kepada golongan ahli celaka adalah sebagai mempertegas hujjah dari Allah Swt. Tidak dalam rangka memohon seupaya beriman (لا لطلب الإيمان) karena Allah Maha Tahu kalau mereka (Quraiys) tidak termasuk golongan ahli tauhid dan iman.

Baca: 8 Perkara yang Menurut Rasulullah Tidak Akan Bisa Dipenuhi dan Dituruti

Ayat 8 Surat Yasin,

إِنَّا جَعَلْنَا فِي أَعْنَاقِهِمْ أَغْلَالًا فَهِيَ إِلَى الْأَذْقَانِ فَهُم مُّقْمَحُونَ

Artinya:
"Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah". (QS. Yasin: 8).

Mereka mengangkat kepalanya dan matanya terpejam karena terdapat belenggu tegak yang melingkar di lehernya. Karena belenggu tersebut masuk ke dagunya, kepala mereka tidak akan bisa ditundukkan dengan baik.

Ayat di atas adalah tamsil/contoh (siksaan) bagi mereka yang tidak beriman kepada Allah Swt. dan bersikap takabbur (sombong), -yakni mereka yang menaruh tangannya sebagai peyangga dagu sambil mengangkat kepala ke arah langit sehingga dia tidak mengetahui segala hal di sekelilingnya (karena selalu mengangkat kepala, pen).

Ada pula ulama tafsir yang menyebut bahwa (gambaran siksa orang kafir seperti dalam) ayat ke-8 Surat Yasin di atas adalah kabar buruk atas kondisi orang-orang kafir di Neraka Jahannam kelak.

Demikian tafsir Surat Yasin ayat 7-8 tentang balasan orang-orang yang tidak beriman dan bersikap takabbur, sebagaimana ditulis Syaikh Hamami Zadah dalam Syarah Tafsir Yasin. Jumat dini hari, 16/08/2019. [badriologi.com]