Storial.co, Platform Menulis Online yang Membayar Royalty Bentuk Koin -->
Cari Judul Esai

Advertisement

Storial.co, Platform Menulis Online yang Membayar Royalty Bentuk Koin

M Abdullah Badri
Jumat, 15 Mei 2020
Jual Kitab Kuning Pethuk

Dolar dari download buku
menulis dibayar mahal di storial
Akun saya di Storial.co. Diambil 15 Mei 2020. Foto: badriologi.com.

Oleh M Abdullah Badri

TANPA sengaja, saya menemukan situs Storial.com. Isinya ternyata bejibun kumpulan penulis online yang selain hobi membaca, juga hobi menulis cerita. Didirikan tahun 2015 oleh Steve Wirawan, Aulia Halimatussadiah dan Brilliant Yotenega, Storial.co saya kira cukup menjadi alasan kuat untuk saya bergabung. Mengapa?

1. Bisa Menulis Per Bab
Kadang menulis buku tidak rampung-rampung karena kesulitan menentukan isinya dan seolah harus rampung seketika untuk bisa diterbitkan. Storial.co tidak demikian. Anda hanya perlu menulis saat ada ide saja.

2. Tidak Bisa Diplagiat
Saya mencoba mencopas sebuah artikel yang sudah posted di Storial.co, dan lalu saya paste di komputer, hasilnya nihil. Artinya, seperti dikatakan oleh pendirinya, Storial.co sangat melindungi hasil jerih payah penulisnya.

Setidaknya, jaminan anti plagiat dari Storial.co menjadi jaminan saya pribadi jika bergabung. Tahun 2012 lalu, artikel-artikel saya yang dimuat di puluhan koran, ternyata banyak diplagiat bahkan oleh dosen. Akhirnya, untuk melindunginya, saya kumpulkan jadi sebuah antologi esai berjudul "Kritik Tanpa Solusi".

3. Bisa Menulis Sambil Belajar
Storial.co menyediakan ruang diskusi antar pembaca dengan penulisnya seperti di medsos, dimana Anda hanya login, menulis, upload, dan langsung bisa dikomentari pembaca.

Artinya, kita bisa berkomunikasi dan belajar langsung kepada para penulis yang tergabung dalam Storial.co. Dengan begitu, upaya untuk terus mengembangkan keterampilan menulis makin terasah.

Baca: Cost of Delivery (COD) dan Bahaya Tanpa Akad Khiyar

4. Bisa Cetak Buku Fisik
Jika tulisan Per Bab dalam akun Storial.co kita sudah diselesaikan, pihak Storial.co bisa membantu mencetaknya jadi sebuah buku. Kok bisa? Ya bisa. Karena mereka bekerjasama (bermitra) dengan nulisbuku.com yang didirikan oleh Aulia Halimatussadiah.

5. Ruang Kompetisi Berhadiah
Karena Storial.co adalah komunitas penulis, maka, lomba menulis juga tersedia di sana. Iseng mencari, pada 15 Mei 2020, ternyata ada Lembaga NU (Ansoruna) yang saat itu sedang on going menjalankan pengumuman menulis cerita pendek bertema "Rahmatan Lil Alamin" dengan total hadiah Rp. 11 juta.

6. Dapat Royalty
Iya, betul. Meski belum rampung menulis, kita bisa dibayar. Syaratnya, kita harus punya tulisan pertama yang sudah dibaca 750 kali, mendapatkan lima ulasan dan dari beberapa bab yang kita upload, lima diantaranya harus ada yang dibuka gratis dibaca oleh orang lain.

Setelah semua syarat itu terpenuhi, baru kita diijinkan untuk menjual bab-bab lainnya, dengan minimal harga Rp. 1.000/bab, atau 10 koin Storial.co. Bila ada yang membeli akses baca bab-bab tulisan yang kita premiumkan itu, kita dapat untung 50 persen. Sisanya, ya masuk pihak Storial.co lah.

Misalnya begini. Kita menulis sehari 1 cerita dan langsung kita upload. Jika konsisten sebulan, maka ada 30 bab yang terupload. 5 bab sediakan gratis lah. Promosikan ke sahabat-sahabat lainnya, biar mencapai 750 kali baca.

Setelah itu, 25 bab itu kita ajukan ke Storial.co agar dipremiumkan. Katakanlah ada 15 bab yang dianggap layak premium oleh pihak Storial.co, maka, kita bisa menjualnya ke pembaca.

Misalnya, kita jual per bab senilai 20 koin atau Rp. 2.000. Bila kita sudah punya followers (pengikut) yang setiap saat siap membaca lalu membeli 15 bab premium kita (karena sudah mengetahui kualitas tulisan kita di 5 bab gratis awal tadi), maka, dia harus membayar Rp. 30.000 atau setara 300 koin.

Dari transaksi satu orang pembaca ini, kita dapat untung Rp. 15.000 atau 150 koin. Jika sebulan ada yang membeli bab-bab tulisan kita itu (semuanya) ada 150 orang, berarti dalam sebulan kita bisa tarik royalty senilai Rp. 2.250.000 atau 2.250 koin Storial.co.

Ngayal yah? Hahaha. Bukan. Tapi ngarang. Dan bukan sesuatu yang mustahil dilakukan. Mengapa? Saya cek pengguna aplikasinya sudah mencapai 100 ribu. Itu pasar mas brow. Bukan kuburan.

Sejak gabung 15 Mei 2020, saya sudah punya rencana menulis harian. Saya hobi menulis sejak kelas MTs, dan sudah menulis beberapa buku, mengedit buku serta pernah empat tahun menjadi penulis koran zaman belum ada sistem digital menggila seperti sekarang.

Apa yang akan saya tulis. Ya ikuti saja nanti, di akun saya, ini: Storialku. Begitu ente daftar, langsung dapat kredit 110 koin awal (setara Rp. 11.000). Buat belanja baca di akun saya tidak apa-apa.

Sekarang membaca juga bisa dijual brow. Bukan hanya hape dan fashion. Membaca bro, membaca! Bayangkan. Nilainya mahal. Dunia makin kapitalis memang. Hahaha. [badriologi.com]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF

close
Kitab Makna Pesantren