Calon Ketua Ansor Ideal di Jepara Menurut Saya -->
Cari Judul Esai

Advertisement

Calon Ketua Ansor Ideal di Jepara Menurut Saya

Badriologi
Kamis, 20 Mei 2021
Kitab Pegon Tambihun Nahdliyyin

Dolar dari download buku
contoh visi misi calon ketua ansor jepara jawa tengah
Visi dan Misi Calon Ketua Ansor Jepara 2021-2025. Foto: badriologi.com.

Oleh M. Abdullah Badri


KONFERCAB GP. Ansor Jepara mendadak direncanakan dipercepat pada 3-5 Juni 2021, alias tidak sesuai SK PP. GP. Ansor. Alasan hakikinya apa, saya tidak tahu. Menurut banyak pihak, ada yang menyebut hal itu sebagai strategi meloloskan calon tertentu saja. Wallahu a'lam. 


Beberapa ketua PAC nggremeng (omong di belakang) kalau mereka tidak setuju, dengan alasan: tidak ada alasan darurat mempercepat Konfercab Ansor pada tanggal itu. Apa yang selanjutnya terjadi? Gusti Allah ora sare, ndoro


Baca: Agar Ansor Kondang di Banyak Kandang


Bila betul-betul terjadi pendinian masa khidmah Ketua GP. Ansor Jepara periode 2017-2021, yang harusnya di akhir tahun ini, saya mengusulkan agar pengganti H. Syamsul Anwar SE (Ketua GP. Ansor Jepara sekarang) bisa melanjutkan program yang sudah berjalan, sekaligus menginisiasi lahirnya program-program Ansor terapan dan dibutuhkan. 


Pertama, selain ganteng, dia tidak hanya pandai omong dan berorasi. Tapi dia seorang petarung, yang berani mengambil risiko melaksanakan tanggungjawab seutuhnya tanpa meninggalkan etika politik organisasi yang menjunjung tinggi kebersamaan antar kader. 


Kedua, pribadinya terbuka luas untuk mendengar, menyerap dan menampung kader Ansor dari bawah. Baca juga: Empat Dagangan Mahal dan Penting Untuk Calon Ketua Ansor Jepara.


Ketiga, dia bisa memberdayakan kader hingga menumbuhkan kemandirian anggota secara ekonomi dan mereka bebas luas ngaji tanpa memikirkan sumber pendanaan yang membuat stag program Ansor di tingkatan ranting. 


Setidaknya, bila kriteria di atas dipenuhi, maka, saya berharap: 


  1. Sistem akreditasi Ansor bisa disempurnakan. Akreditasi tidak dijalankan jelang Konfercab saja, tapi harus ada tim khusus yang siap sedia tiap ada permohonan akreditasi diajukan. 
  2. Panduan program Ansor dari cabang untuk ranting bisa tertata secara berkala, simultan dan bisa dievaluasi bersama. 
  3. Dia bisa membentuk silaturrahim Basko (Banser Satu Komando), AAC (Aswaja Ansor Centre) dan UMKM Centre, yang hasil sharingnya bisa diturunkan ke kader di ranting. 


Saya melihat, visi di atas ada di sosok orang baru tapi saya kenal sejak kuliah di IAIN Walisongo. Namanya Muhammad Ahnafuddin, S. Fil.I. Dia sekarang menjabat Ketua GP. Ansor PAC Bangsri. Yang ingin tahu visi-misi lengkap beserta motto perjuangannya, silakan baca foto di atas postingan ini. [badriologi.com


Flashdisk Ribuan Kitab PDF

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB