Khataman Al-Qur'an di Halal Bihalal Bani Ustman-Murdifah -->
Cari Judul Esai

Advertisement

Khataman Al-Qur'an di Halal Bihalal Bani Ustman-Murdifah

Badriologi
Senin, 09 Mei 2022
Flashdisk Ebook Islami

Jasko Rijalul Ansor
foto bersama keluarga hj rukayin ngabul
Foto keluarga Bani Rukayin binti Asiyah binti Ustman, di rumah Sri Wahyuningsih (Muzayin), Suwawal, Mlonggo, Jepara, Ahad (8 Mei 2022). Foto: badriologi.com.


Oleh M. Abdullah Badri


SETELAH vakum selama dua tahun (2020 & 2021) karena Covid-19, tahun 2022 ini, Halal Bihalal Keluarga Besar H Utsman - Murdifah kembali digelar pada Ahad Wage siang (7 Syawwal 1443 H/8 Mei 2022) di Desa Suwawal, Rt. 02 Rw. 02, Mlonggo, Jepara. Tepatnya di rumah Bapak Muzayyin yang merupakan menantu dari Hj. Rukayyin binti Asiyah (istri H. Zuhdi) binti Ustman-Murdifah.  


Baca: Sulitnya Menyusun Silsilah Keluarga Jawa - H. Ustman & Murdifah


Ada yang beda dalam suasana Halal Bihalal ke-33 tahun ini, yakni: tidak ada pembicara seperti tahun-tahun sebelumnya. Alasan ditiadakannya penceramah karena banyaknya tamu undangan yang terkesan tidak memperhatikan isi ceramah. Terutama anak-anak. 


Karena itulah, khataman Al-Qur'an diselenggarakan untuk kirim doa kepada leluhur Bani Ustman-Murdifah yang sudah tiada. Ini sebagai ganti dari waktu yang biasanya diisi dengan mauidloh hasanah. 


Meski keluarga dari Kudus maupun Demak banyak yang tidak hadir karena sakit atau lainnya, tahun ini kembali diadakan urutan silsilah yang sudah lama tidak pernah diupdate. Saya memberanikan diri untuk mencatatnya meskipun hingga tulisan ini ditulis, belum lah lengkap. 


silsilah bani ustman murdifah jepara
Keturunan H. Ustman - Murdifah (belum lengkap). Foto: badriologi.com.


Mengetahui silsilah yang diurutkan manfaatnya sangat besar. Selain untuk sambung silaturrahim, urutan silsilah sangat berguna untuk tawassul kepada leluhur. Saya sendiri menduga kuat kalau Mbah Ustman-Murdifah yang makamnya ada kompleks Nogosari Troso, Jepara masih memiliki garis keturunan ulama'. 


Sayangnya, hingga tahun 2022, silsilah masih berhenti di Mbah H. Utsman. Ke atasnya, masih wallahu a'lam. Di tahun-tahun berikutnya insyaAllah ketemu. [badriologi.com]


Flashdisk Ribuan Kitab PDF

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB