Imam Tidak Qunut, Makmum Minta Waktu Membaca Qunut
Cari Judul Esai

Advertisement

Imam Tidak Qunut, Makmum Minta Waktu Membaca Qunut

M Abdullah Badri
Minggu, 14 April 2019

imam tidak qunut makmum qunut
Ngopi (ngobrol pintar) bersama PAC IPNU-IPPNU Mayong, Jepara, 13 April 2019. 
Oleh M Abdullah Badri

BAGAIMANA sikap kita ketika imam shalat Subuh tidak qunut, tapi kita memintanya supaya menyediakan waktu untuk qunut Subuh? Tentunya permintaan sudah diutarakan sebelum jamaah mulai.

Pertanyaan itu muncul dari rekanita IPPNU PAC Mayong yang meluncur dalam dalam acara Ngopi (ngobrol pintar) yang diselenggarakan oleh IPNU-IPPNU PAC Mayong, Jepara pada Sabtu malam, 13 April 2019, di Gedung MWC NU Kecamatan Mayong, Jepara. Baca materi malam itu, di artikel saya berjudul: Makna Radikal dan Stigma Radikalisme Islam.

Saya menjawab bahwa hukum membaca qunut saat shalat Subuh itu sunnah muakkadah. Dalam Madzhab Syafi'iyah saja, lupa membaca qunut bisa diganti dengan sujud sahwi (sujud karena lupa). Dan itupun sunnah.

Artinya, jika seorang imam tidak mau qunut, sebetulnya kita yang menyunnahkan qunut pun bisa mengikutinya dalam tidak ber-qunut, atas nama menghormati praktik shalat seorang imam. 

Qunut Subuh Bid'ah

Mereka yang menyebut qunut tidak sunnah (bahkan bid'ah), ketika imam shalat Subuhnya qunut, mereka juga biasa tidak ikut membaca qunut-nya imam, meski seharusnya juga ikut qunut.

Tapi alangkah baiknya, mereka juga menghormati praktik ibadah seorang imam. Mengapa? Karena makmum itu kan harusnya ikut dan manut dengan gerakan ibadah imam shalat.

Baca catatan lain malam itu, di esai berjudul: Cara Hadapi Orang LDII yang Usai Shalat, Lantai Masjid Dicuci.

hukum imam shalat subuh membaca qunut
Foto bersama dengan rekan-rekan IPNU PAC Mayong, Jepara
Maka, saya menjelaskan kepada Mbak IPPNU dari Ranting Desa Jebol, Mayong, Jepara yang bertanya kepada saya malam itu bahwa bila imamnya tidak qunut, lalu dia meminta waktu sebentar untuk membaca qunut dan ada orang lain yang mengingatkan kalau harusnya makmum ikut saja apa yang dilakukan imam, ya saya benarkan.

"Harusnya kamu ikuti gerakan imam walau dia tidak membaca qunut. Kalaupun mau diganti sujud sahwi kan juga bisa nanti, setelah rampung salam," kata saya.

Jadi, tidak harus repot meminta waktu berqunut. Imamnya jadi tidak fokus memimpin jama'ah nanti. Toh qunut juga bukan kewajiban dalam Subuh. Begitu. [badrilogi.com]