9 Syarat Mencari Ilmu Agar Sukses, Sempurna dan Bermanfaat
Cari Judul Esai

Advertisement

9 Syarat Mencari Ilmu Agar Sukses, Sempurna dan Bermanfaat

M Abdullah Badri
Rabu, 15 Mei 2019

syarat mendapatkan ilmu manfaat
Syarat mencari ilmu yang berhasil dan bermanfaat.
Oleh M Abdullah Badri

BILA dalam Kitab Ta'lim Muta'allim (dalam nadham alala) ada keterangan syarat mencari ilmu adalah 6 perkara, maka, dalam esai kali ini, syarat mencari ilmu agar berhasil ditambah 3, menjadi 9 syarat, sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Nawawi Banten.

Baca: Persyaratan Menjadi Kiai yang Baik dan Benar

Apa saja 9 syarat mencari ilmu tersebut, agar berhasil, sempurna dan bermanfaat? Akan dijelaskan sebagai berikut. Tapi bagi Anda yang belum mengetahui siapa yang disebut sebagai mahaguru ilmu, silakan baca DI SINI.

  1. Potensi akalnya mampu digunakan untuk menemukan hakikat atas banyak masalah. 
  2. Kecerdasan rasio tinggi sehingga mampu menggambarkan (tashawwur) secara baik atas hal-hal yang sulit dipecahkan dalam fan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. 
  3. Kecerdasan dalam menghafal yang tinggi sehingga dia, selain bisa menjelaskan masalah, juga mampu memeberikan pemahaman yang baik atas apa yang sudah dipelajarinya, alias tidak gampang lupa. (Baca: Lupa Adalah Anugerah dan Petaka)
  4. Minat tinggi untuk belajar dan dia mampu menjaga minatnya agar tetap istiqamah tekun belajar dan tidak gampang bosan. Artinya, belajarnya tidak terpaksa dan terus menerus. 
  5. Fokus atas ilmu yang dipelajari. Artinya, dia tidak akan merembet mempelajari ilmu lain sebelum selesai satu ilmu dipelajari. Dia mencukupkan diri belajar sampai selesai agar tidak bingung. 
  6. Ada waktu luang baginya untuk memperdalam ilmu yang dipelajari, memperbanyak wawasannya secara lebih detail agar pemahamannya semakin sempurna.
  7. Tidak ada faktor lain yang membuat dia meninggalkan proses belajar, misalnya sakit berkepanjangan atau dia punya harapan lain sebelum proses belajarnya selesai dengan baik. 
  8. Butuh waktu yang lama, umur yang cukup, dan materi-materi yang sangat banyak agar lebih bisa memperkaya ilmu pengetahuan yang dipelajarinya itu. 
  9. Dia harus mendapatkan bimbingan seorang guru yang sangat terbuka berbagi ilmu pengetahuan serta tekun membimbingnya. 

Ketika 9 syarat mencari ilmu ini didapatkan oleh seorang santri, siswa, mahasiswa, maka, dia termasuk orang yang paling beruntung dan bahagia dalam mencari ilmu.

Syarat Mendapatkan Ilmu Manfaat


Mengenai syarat mencari ilmu ini, Syaikh Iskandar berkata,

يحتـــاج طالب العلم إلى أربع مدة وجدة وقريحة وشهوة وتمامها فى الخامسة معلم نــــــاصح

Artinya:
"Seorang yang mencari ilmu membutuhkan 4 hal, yakni masa pendidikan yang lama, ketekunan, wawasan luas, dan minat yang kuat. Dari empat itu, kian tambah sempurna jika dia mendapatkan seorang pendidik/guru yang senang memberikan petunjuk/nasihat".

Jadi, syarat mencari ilmu agar sempurna dan bermanfaat, yang paling utama adalah berguru, yakni belajar kepada guru. Bukan belajar sendiri. Bahaya.

Baca: Guru Tanpa Hubungan dengan Buku

Demikian 9 syarat mencari ilmu agar berhasil sempurna dan bermanfaat, seperti ditulis dalam Kitab Nasha'ihul Ibad karya Imam Ibnu Hajar Al-Asyqalani (Bab Tsumani), disyarah oleh Syeikh Nawawi al-Bantani dan saya terjemahkan setelah ngaji posonan tiap sore bersama warga desa, Ahad (13 Mei 2019/7 Ramadhan 1440 H). [badriologi.com]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah