Tafsir Yasin Ayat: 1-3 Tentang Asbabun Nuzul dan Keutamaan Yasin
Cari Judul Esai

Advertisement

Tafsir Yasin Ayat: 1-3 Tentang Asbabun Nuzul dan Keutamaan Yasin

M Abdullah Badri
Kamis, 15 Agustus 2019

keutamaan surat yasin hamami zadah pdf
Keutamaan Surat Yasin dan Asbabun Nuzul.

Oleh M Abdullah Badri

SURAT Yasin termasuk Makkiyah (diturunkan di Makkah).

يس  وَالْقُرْآنِ الْحَكِيمِ  إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ

Artinya:
"Yasin. Demi Al Quran yang penuh hikmah. Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul". (QS. Yasin: 1-3).

Sebab turunnya Surat Yasin adalah untuk merespon tuduhan orang-orang kafir yang menyebut bahwa Muhammad bukanlah Nabi dan bukan orang yang diutus (Rasul).

Mereka menghina Nabi Muhammad sebagai anak yatim nya Abu Thalib yang tidak pernah belajar ke sekolah (maktab) dan tidak pernah ngaji. "Bagaimana bisa dia menjadi Nabi," begitu kata orang-orang kafir Makkah.

Baca: Ijazah Bertemu Rasulullah dalam Mimpi dari Pondok Somalangu, Kebumen

Penolakan orang-orang kafir Makkah makin keterlaluan. Dengan Surat Yasin inilah Allah Ta'ala menolak kalimat-kalimat mungkar orang-orang kafir tersebut. Dengan Surat Yasin, Allah Al-Jalil bersaksi atas kebenaran risalah Nabi Muhammad Saw. dan ketetapan kenabiannya.

Allah berfirman, "Hai Muhammad, bila orang-orang kafir itu mengingkari risalahmu, jangan bersedih! Aku bersaksi sesungguhkan engkau adalah benar sebagai salah satu utusan (mursalin)".

Karena Surat Yasin berisi peneguhan dan dalil penetapan atas risalah Nabi Muhammad Saw., maka, sudah pasti (fa la jarama) bahwa surat ini adalah bagian dari kalbu Al-Qur'an, menjadi hati Al-Qur'an, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Saw.

أن لكل شيئ قلبا وقلب القرأن يس ومن قرأها كتب الله له قراءة القرأن عشر مرات

Artinya:
"Sesunngguhnya dalam setiap sesuatu selalu ada hatinya. Dan hati Al-Qur'an dalah Yasin. Siapa saja yang membacanya, Allah mencacatnya sebagai yang telah membaca Al-Qur'an sepuluh (10) kali". [badriologi.com]

Keterangan:
Diterjemahkan penulis dari Kitab Syarah Tafsir Surat Yasin karya Syaikh Hamami Zadah - 15/08/2019