40 Cerita Karomah Syaichona Cholil Bangkalan Madura
Cari Judul Esai

Advertisement

Loading...

40 Cerita Karomah Syaichona Cholil Bangkalan Madura

M Abdullah Badri
Selasa, 17 Desember 2019
Loading...

buku biografi kh kholil bin abdul latif bangkalan
Cover buku Biografi dan Karomah Syaichona Cholil Bangkalan.

Oleh M Abdullah Badri

"SURAT Kepada Anjing Hitam", seperti judul buku adalah salah satu kisah karomah Syaichona Cholil bin Abdul Latif, Bangkalan, Madura (1820 - 1825) yang dimuat Saifur Rahman, penulisnya, dalam buku tentang biografi dan karomah Syachona Cholil Bangkalan.

Selain silsilah dan riwayat pendidikan, daftar-daftar murid masyhur serta peran Syachona Cholil Bangkalan dalam penyebaran Islam di Madura, Saifur Rahman memuat puluhan judul tentang cerita keramat yang dia susun dari hasil wawancara dan cerita cucu, cucu murid serta orang-orang yang mendapatkan cerita dari pendahulunya.

Di edisi perdana, hanya ada 29 cerita tentang karomah Syachona Cholil. Di edisi kedua itu, penulis melengkapinya hingga 40 judul. Dan penulis mengklaim, semua cerita yang dia tulis bisa dipertangungjawabkan karena ada sumber cerita yang ia temui.

Tak syak lagi, membaca buku setebal 204 halaman ini membuat Anda makin mengenal dan terus tumbuh rasa cinta Anda kepada guru KH. Hasyim Asy'ari tersebut, yang disebut penulis sebagai inspirator berdirinya Nahdlatul Ulama' (hlm: 66).

Kisah-kisah Syaichona Cholil dalam buku tersebut kadang menyisakan kesan gemes, lucu, tapi tetap penuh nuansa dakwah. Kiai Cholil diceritakan pernah mengusir istri Kiai Hasyim Asy'ari, Nyai Nafiqah, saat sowan. Padahal, ketika itu Nyai Nafiqah datang dengan putranya, Wahid Hasyim, ayah Gus Dur.

Nyai Nafiqah "diusir" keluar oleh Kiai Cholil, dan beliau menurut, meskipun saat itu hujan deras sedang mengguyur. "Tempatmu di sana (hujan lebat)," kata Kiai Cholil. Baca: Mencari Penginapan Peziarah Syaichona Cholil, Mertajasah, Bangkalan.

Cerita ini diberi judul Saifur Rahman "Meramal Wachid Hasyim" karena ayah Gus Dur memang meninggal di usia 39 tahun pada 19 April 1953 di daerah Cimindi (Bandung), dan hujan sedang turun dengan lebatnya. (hlm: 135-136).

Kisah keramat Syaichona Cholil lainnya ditulis hingga akhir. Bila ingin membacanya, Anda bisa membelinya di sekitar kompleks makam Syaichona Cholil. Harganya Rp. 30.000,- (pada 11 Desember 2019).

Resensi ini hanya catatan kecil sebagai pengingat saja bahwa Kiai Cholil itu sosok ulama' yang sangat besar jasanya terhadap perkembangan Islam di Nusantara, khususnya di Madura, hingga sekarang. [badriologi.com]

IDENTITAS BUKU
JUDUL BUKU: Surat Kepada Anjing Hitam
PENULIS: Saifur Rahman
PENERBIT: PPSMCH
CETAKAN: Kedua, 2001
TEBAL: xvi + 204 halaman
ISBN: -
HARGA: Rp. 30.000,-

Loading...

close
Banner iklan disini