10 Amalan Dzikir Malam Hari Arafah dari Rasulullah - Agar Terkabul Hajat
Cari Judul Esai

Advertisement

10 Amalan Dzikir Malam Hari Arafah dari Rasulullah - Agar Terkabul Hajat

M Abdullah Badri
Rabu, 29 Mei 2019

hadits hari arafah diangkat amalan
Amalan dzikir untuk malam Hari Arafah dari Rasulullah Saw. adalah dengan terus berdzikir tasbih hingga 1000 kali, yang dihajatkan agar segala permintaan doa dibulkan oleh Allah Swt.

Oleh M Abdullah Badri

RASULULLAH Saw. bersabda, barang siapa yang membaca 10 wirid tasbih di malam Hari Arafah (9 Dzulhijjah) hingga 1.000 kali, maka apapun yang dimintakan kepada Allah Swt. akan dikabulkan selama tidak meminta memutus silaturrahim dan memohon segala hal yang mengandung dosa dan kemaksiatan.

Apa saja amalan malam Hari Arafah tersebut? Ini dia.

سبحان الذي فى السماء عرشه, سبحان الذي فى الأرض ملكه وقدرته, سبحان الذي فى البحر سبيله, سبحان الذي فى الهواء روحه, سبحان الذي فى النار سلطانه, سبحان الذي فى الأرحام علمه, سبحان الذي فى القبور قضـــاءه, سبحان الذي رفع السماء بغير عمد, سبحـــان الذي وضع اللأرض على المــاء فجمد, سبحان الذي لا ملجأ ولا منجى منه إلا إليه تعالى

Baca:
Subnalladzi fis sama'i arsyuh, subhanalladzi fil ardli mulkuhu waqudratuh, subhanalladzi fil bahri sabiluh, subhanalladzi fil hawa'i rouhuh, subhanalladzi fin nari sulthonuh, subhanalladzi fil arhami ilmuh, subhanalladzi fil quburi qodlo'uh, subhanalladzi rofa'as sama'a bighoiri amadin, subhanalladzi wadlo'al ardlo alal ma'i fajamada, subhanalladzi la malja'a wala manja minhu illa ilaihi

Baca: Shalat yang Sia-sia dan 7 Perkara Lain yang Tidak Ada Kebaikannya

Artinya:
1. Maha Suci Allah Swt. yang dari arah tertinggi ada arasy-nya. (Arasy Allah Swt. ada di atas Kursi Allah Swt. dan Kursi Allah Swt. ada di atas langit-langit).

2. Maha Suci Allah Swt. yang di bumi, ada kekuasaan yang kehendak-Nya. (Di bumi ini, kekuasaan Allah Swt. sangat tampak terlihat oleh kita, kekuasaan-Nya dapat dilihat langsung secara lahir oleh kita).

3. Maha Suci Allah Swt. di lautan yang menjadi jalan (yang dari laut inilah, banyak manusia bisa sampai ke banyak tempat dan negara untuk urusan-urusan maisyah-nya).

4. Maha Suci Allah Swt. di udara yang ada angin (udara itu ada diantara langit dan bumi yang sangat bisa dikontrol [musakkhar] dan letaknya ada di lapisan bumi yang ketiga).

5. Maha Suci Allah Swt. yang api adalah sultan-Nya (karena itulah makluk, kita manusia, tidak diperbolehkan menyiksa makluk lain seperti binatang dengan menggunakan api).

Baca: 10 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan oleh Allah - Menurut Ibrahim bin Adham

6. Maha Suci Allah Swt. yang di dalam rahim ada ilmu-Nya (tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi dalam rahim ibu kecuali Allah Swt.).

7. Maha Suci Allah Swt. yang kuburan adalah qodlo' Allah (karena itulah kita tidak boleh menuduh seseorang yang ada dalam kubur sudah mendapatkan nikmat atau laknat dari Allah).

8. Maha Suci Allah Swt. yang telah menegakkan langit tanpa tiang.

9. Maha Suci Allah Swt. yang telah menggelar bumi di atas air sehingga menjadi beku.

10. Maha Suci Allah Swt. yang tiada tempat berlindung (kecuali pada-Nya) dan tiada yang bisa melarikan diri (dari siksa-Nya) kecuali kepada Allah Ta'ala.

Demikian 10 amalan tasbih malam hari Arafah, seperti ditulis dalam Kitab Nasha'ihul Ibad (Bab Usyari), disyarah oleh Syeikh Nawawi al-Bantani dan saya terjemahkan setelah ngaji posonan tiap sore bersama warga desa, Rabu Wage (29 Mei 2019/24 Ramadhan 1440 H). Tanggal 28 Mei 2019, ngaji libur. [badriologi.com]