10 Shalat yang Tidak Diterima oleh Allah Swt
Cari Judul Esai

Advertisement

10 Shalat yang Tidak Diterima oleh Allah Swt

M Abdullah Badri
Kamis, 23 Mei 2019

shalat istri yang tidak diterima allah
Shalat yang tidak diterima oleh Allah Swt.
Oleh M Abdullah Badri

ADA 10 golongan orang Islam yang shalatnya tidak diterima oleh Allah Swt. Hal ini diungkapkan oleh Rasulullah Saw. dalam haditsnya, yang bila diterjemahkan, begini artinya:

Sepuluh (10) golongan yang Allah Swt. tidak akan menerima shalatnya,

1. Orang yang shalat sendirian (tidak berjama'ah) tanpa membaca apapun dari Surat Al-Fatihah

Soal ini, antara Imam Abu Hanifah, ashabnya (murid-muridnya Imam Abu Hanifah), Imam Malik serta Imam Ahmad bin Hanbal bersepakat atas sahnya shalat seorang makmum meski dia tidak membaca sama sekali dari Al-Fatihah.

2. Orang yang tidak mau mengeluarkan zakat 
Maksudnya adalah golongan yang sudah memiliki kewajiban mengeluarkan zakat untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerima zakat tapi dia tidak mau mengeluarkannya. Golongan inilah yang disebut Allah Swt dalam Al-Qur'an sebagai orang-orang musyrik (musyrikin).

 (وَوَيْلٌ لِّلْمُشْرِكِينَ (6) الَّذِينَ لَا يُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُم بِالْآخِرَةِ هُمْ كَافِرُونَ (7

Artinya:
"Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya, (yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya (kehidupan) akhirat". (QS. Fusshilat: 6-7).

Baca: Islamnya Abu Bakar dan Ramalan Nasrani atas Kelahiran Nabi

3. Orang yang mengimami shalat, tapi kaumnya tidak suka (memaksa jadi imam)
Rasulullah Saw, bersabda,

ثلاثة لا تجاوز صلاتهم آذانهم العبد الآبق حتى يرجع وامرأة باتت وزوجها ســاخط وإمام أمَّ قوما وهم له كـــارهون

Artinya:
"Ada tiga golongan yang pahalanya shalatnya tidak sampai ke telinga mereka (tidak bermanfaat), yakni seorang hamba sahaya yang lari sampai dia pulang kembali, istri yang tidur sementara suaminya diam (karena marah tidak dilayani), serta seorang imam shalat yang mengimami (jamaah) kaum padahal mereka membencinya". 

4. Seorang budak sahaya yang melarikan diri dari majikannya, baik laki-laki maupun perempuan, sama saja tidak diterima shalatnya. Rasulullah Saw. bersabda,

إذا أبق العبد لم تقبل له صلاة, وفى رواية فقد كفر حتى يرجع

Artinya:
"Ketika ada seorang hamba sahaya melarikan diri, maka shalatnya tidak diterima, dalam sebuah riwayat bahkan disebut kafir sampai dia kembali pulang". 

Shalat yang Tidak Diterima oleh Allah


5. Orang yang tidak berhenti meneguk arak (yang memabukkan)
Rasulullah Saw. bersabda,

إجتنبوا الخمر فإنه ام الخبائث

Artinya:
"Jauhilah kalian semua dari (meminum) arak. Karena sesungguhnya arak adalah ibu dari segala hal yang berbahaya". 

6. Perempuan yang tidur tapi suami membencinya
Rasulullah Saw. bersabda,

ثلاثة لا يقبل الله لهم صلاة ولا تصعد لهم إلى السمـــاء السكران حتى يصحوَ والمرأة الســاخط عليها زوجها والعبد الآبق على مولاه حتى يرجع فيضعَ يده في يد مواليـــه 

Artinya:
"Ada tiga golongan yang Allah tidak menerima shalatnya dan amalnya tidak naik ke langit, yakni pemabuk, -sampai dia sembuh dari kebiasaan mabuk, perempuan yang tidur terlelap sementara suaminya sedang marah, hamba sahaya yang melarikan dari tuannyaa, -hingga di kembali pulang dan meletakkan tangannya di atas tangan tuannya (meminta maaf dan tunduk, pen)".   

7. Perempuan (merdeka, bukan budak) yang shalat tanpa خمار/penutup kepala.

Baca: Imam Tidak Qunut, Makmum Minta Waktu Membaca Qunut

8. Pemakan harta riba
Diceritakan, besok di Hari Kiamat, orang-orang yang memakan harta riba akan digiring ke hadapan pengadilan Allah Swt. dalam rupa buruk anjing dan babi karena perbuatan mereka membuat حيلة/alibi/rekayasa atas riba yang mereka lakukan, sebagaimana Allah Swt. mengubah bentuk (menjadi mutan) kepada ahli Sabat yang membuat rekayasa giat berburu, yang telah dilarang Allah tiap Hari Sabtu (Sabat). Para Ahli Sabat itu membuat rekayasa melanggar aturan Allah Swt.

Pada Hari Sabtu, mereka memang tidak berburu, tapi mereka membuat parit untuk kemudian ketika Hari Ahad besok tiba, mereka bisa mengunduh/memanen. Ketika mereka berpanen ria inilah Allah Swt. mengubah mereka menjadi makhluk-makhluk mutan bermuka anjing dan babi.

Demikian inilah yang akan dialami oleh para pemakan harta riba kelak di Hari Kiamat. Bagi Allah Swt., rekayasa-rekayas para pemakan harta riba tidak ada yang bisa disembunyikan. (Keterangan ini terdapat dalam Kitab Az-Zawajir).

9. Pemimpin yang jahat

10. Orang yang shalatnya tidak bisa mencegah dirinya dari perbuatan buruk dan mungkar, dan ia tidak akan bertambah kepada Allah Swt kecuali semakin jauh dari-Nya.

Al-Arif Al-Mursy mengatakan,

العمل ينشا من العبد على صورة اللقمة حلاً و حرمةً

Artinya:
"Amal yang tumbuh dalam diri seorang hamba itu seperti ibarat sebuah suapan, haram maupun halalnya". 

Demikian 10 orang yang shalatnya tidak diterima oleh Allah Swt, seperti ditulis dalam Kitab Nasha'ihul Ibad (Bab Usyari), disyarah oleh Syeikh Nawawi al-Bantani dan saya terjemahkan setelah ngaji posonan tiap sore bersama warga desa, Selasa (21 Mei 2019/16 Ramadhan 1440 H). [badriologi.com]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah