7 Wasiat Jibril kepada Nabi Muhammad Hingga Memunculkan Kekhawatiran Ini
Cari Judul Esai

Advertisement

7 Wasiat Jibril kepada Nabi Muhammad Hingga Memunculkan Kekhawatiran Ini

M Abdullah Badri
Senin, 13 Mei 2019

pesan malaikat jibril kepada umat akhir zaman
Wasiat Jibril kepada Nabi Muhammad.
Oleh M Abdullah Badri

WASIAT Jibril kepada Nabi Muhammad Saw. sangat berkaitan dengan akhlak kepada makluk Allah di muka bumi ini. Rasulullah Saw. sering diberi wasiat oleh malaikat Jibril agar:

1. Selalu berbuat baik kepada tetangga rumah (bukan tetangga masjid, kos atau sekolah). Saking seringnya wasiat Jibril soal tetangga ini, Nabi Muhammad Saw. seolah-olah Jibril ingin mengatakan kalau tetangga kelak adalah bagian dari keluarga yang bisa mewarisi tinggalan Rasulullah Saw.

Baca: Syarat Masuk Surga Tanpa Ibadah (Ngaji Ushfuriyah Bagian 3)

Maksus berbuat baik kepada tetangga adalah menjaga hubungan baik dengan mereka karena adalah yang terdekat dari rumah kita. Selain itu, kepada tetangga, kita juga diperintah untuk saling menasehati mereka dalam urusan agama dan saling menjaga komunikasi dalam urusan harta benda.

2. Selalu menjaga hubungan harmonis dengan istri. Saking seringnya wasiat Jibril ini disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw, beliau sampai berpikir haramnya mentalak istri.

3. Selalu berbuat baik kepada para budak (hamba sahaya) sehingga Nabi Muhammad Saw. berpikir kelak para hamba sahaya akan memiliki hukum menjadi manusia merdeka dengan sendirinya tanpa harus dimerdekaan.

7 Wasiat Jibril kepada Nabi Muhammad


pesan rasulullah kepada umat akhir zaman
Pesan Jibril kepada Rasulullah Saw. Foto: Kitab Nasha'ihul Ibad.
4. Selalu meminta supaya selalu bersiwak (Baca: Belajar Ngecap ala Pedagang Siwak), yang seolah-olah, saking seringnya diwasiti Jibril, siwak kelak menjadi wajib hukumnya bagi umat Nabi Muhammad Saw.

5. Selalu melaksanakan shalat fardlu berjama'ah sehingga Nabi Muhammad Saw. sampai berpikiran bila shalat dilaksankan tanpa berjama'ah tidak akan diterima oleh Allah Swt.

6. Selalu qiyamul lail (mendirikan shalat tahajud). Nabi Muhammad Saw. berpikir, seringnya Jibril mewasiati tahajud kelak tidak boleh bangun tidur kecuali harus tahajud terlebih dulu.

7. Selalu dzikir kepada Allah Swt. (ingat kepada Allah Swt.). Saking seringnya wasiat Jibril ini, Nabi Muhammad Saw. sampai berpikir, tidak ada ucapan yang bermanfaat kecuali hanya dzikir kepada Allah Swt.

Baca: Rahasia Panjang Umur Mbah Munti'ah Ijazah dari KH. Ma'mun Ahmad

Demikianlah 7 wasiat Jibril kepada Nabi Muhammad, sebagaimana ditulis dalam Kitab Nasha'ihul Ibad Listi'dadi Yaumil Ma'ad karya Imam Ibnu Hajar Al-Asyqalani (Bab Suba'i), disyarah oleh Syeikh Nawawi al-Bantani dan saya terjemahkan setelah ngaji posonan tiap sore bersama warga desa, Sabtu (12 Mei 2019/6 Ramadhan 1440 H). [badriologi.com]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah