Lahirnya Koreba - Komunitas Redaksi Balekambang Jepara
Cari Judul Esai

Advertisement

Lahirnya Koreba - Komunitas Redaksi Balekambang Jepara

M Abdullah Badri
Minggu, 14 Juli 2019

alumni balekambang kh makmun abdullah membentuk koreba
Pertemuan santri Balekambang membentuk Komunitas Redaksi Balekambang (Koreba), di Ngabul, Tahunan, Jepara, Ahad siang (30 Juni 2019).

Oleh M Abdullah Badri

PRIHATIN atas minimnya komunitas literasi kalangan santri di Jepara, alumni Ponpes Roudlatut Mubtadi'in Balekambang, Jepara, berkumpul untuk melakukan gerakan yang sekiranya bisa menjadi bibit tumbuhnya kalangan santri yang bukan hanya melek literasi, tapi juga berkontribusi atas tumbuhnya kecerdasan literasi di masyarakat.

Untuk pertama kalinya, alumni ponpes yang diasuh oleh KH. Makmun Abdullah itu menggelar Halal Bihalal terbatas dan berkumpul di Ngabul pada Ahad, 26 Syawwal 1440 H/30 Juni 2019. Ada 13 orang yang hadir pada siang sebelum dhuhur. Dan semuanya adalah santri yang pernah menjadi bagian dari kru redaksi Majalah Balekambang, dari edisi pertama hingga terakhir.

Baca: Dari Rumah Dibawa ke NU, Jangan Sebaliknya!

Diketuai (I) oleh Muhammad Muzakki, mereka sepakat memulai berkomunitas dengan nama Koreba, singkatan dari Komunitas Redaksi Balekambang. Ketua II (khusus santriwati), mereka sepakat memilih Sheila dengan sekretarisnya, Nikita Salma dan Bendahara: Luthfi.

alumni ponpes balekambang jepara
Struktur Koreba yang disusun 30 Juni 2019

Meski tidak hadir dalam pertemuan terbatas tersebut, setiap santri Balekambang yang pernah menjadi bagian dari Majalah Balekambang tiap edisi otomatis menjadi bagian dari komunitas, meski dia sudah berkeluarga, masih menjadi mahasiswa atau bahkan masih menjadi santri Balekambang aktif.

Siang itu Koreba merencanakan program pertama untuk membentuk media online dengan tim yang bisa mengelola konten dengan baik. Hingga tulisan ini dibuat pada Ahad, 14 Juli 2019, Koreba belum ada progres nama media online yang sudah dibuat dan mengudara.

Baca: Rahasia Gus Baha' Tidak Mau Salaman dengan Seluruh Santri Damaran Kudus

Setelah sepakat dalam komunitas, usai lebaran Idul Adha 1440 H, Koreba akan menggelar pertemuan lanjutan membahas program-program lanjutan yang sekiranya bisa dikerjakan bersama.

"Kami hanya bisa menggelar pertemuan saat liburan kuliah maupun libur pondok saja," kata Muzakki. [badriologi.com]