5 Makna Kata "Yasin" dalam Surat Yasin - Menurut Ahli Tafsir
Cari Judul Esai

Advertisement

5 Makna Kata "Yasin" dalam Surat Yasin - Menurut Ahli Tafsir

M Abdullah Badri
Kamis, 15 Agustus 2019

yasin adalah nama allah dan nama rasulullah
Makna kata "Yasin" dalam Surat Yasin menurut para ahli tafsir (mufassir).

Oleh M Abdullah Badri

MAKNA kata "Yasin" (يس) menurut para ahli tafsir, terbagi menjadi 5 macam pendapat (dari ahli tafsir). Pertama, sebagian ahli tafsir menyatakan Yasin sebagai ungkapan singkat dari يا إنسان (Hai manusia!).

Adat orang Arab sudah biasa mengambil satu huruf dari setiap kalimat yang mereka ucapkan. "Ya" dalam "Yasin" diambil dari nida' (panggilan) dalam "Ya Insan". Sedang "sin" diambil dari kata "insan". Jika digabungkan, jadilah kata "Yasin" (يس).

Kedua, sebagian ahli tafsir mengungkapkan, kata "Yasin" dalam Surat Yasin adalah kata ganti dari "Ya Muhammad Alaihis Salam". Ketiga, "Yasin" adalah kata ganti "Ya Sayyidal Mursalin" (Hai pemimpin para Rasul).

Baca: [Penuh Ujian] Mengenalkan Islam Nusantara, Ratusan Orang Tertarik Jadi Muallaf

Keempat, "Yasin" adalah salah satu nama dari sebutan Al-Qur'an. Kelima, "Yasin" adalah salah satu nama dari beberapa nama (asma') Allah Swt., meski ada pula yang menyatakan "Yasin" hanyalah sebuah nama surat dalam Al-Qur'an.

Dalam Kitab Tafsir Al-Istirabadzi ada penjelasan tentang banyaknya nama-nama Allah yang jumlahnya empat ribu (4000). Tidak ada yang mengetahui 1000 nama Allah -yang pertama- kecuali Allah sendiri. 1000 nama lainnya, tidak ada yang mengetahui juga kecuali para malaikat Allah saja.

Adapun 1000 nama Allah lainnya tercatat dalam Lauhil Mahfudz. 300 nama Allah yang lainnya terdapat dalam Kitab Taurat. Demikian pula nama Allah yang lain ada dalam Injil dan Zabur. Masing-masing ada 300 nama dalam kedua kitab tersebut.

Dalam Al-Qur'an, terkandung 100 nama Allah Swt. 99 di antaranya diketahui oleh umat Islam (dhahiratan - disebut dengan Asma'ul Husna), sementara 1 nama lainnya bersifat rahasia, yang tidak diketahui kecuali oleh para Nabi dan Rasul. Itulah yang disebut ismul a'dham (nama agung) Allah.

Demikian makna kata "Yasin" dalam Surat Yasin yang penulis terjemahkan dari Syarah Tafsir Yasin karya Syaikh Hamami Zadah - Kamis malam, 15/08/2019. [badriologi.com]