8 Keutamaan Membaca Surat Yasin - Termasuk Melunasi Hutang
Cari Judul Esai

Advertisement

8 Keutamaan Membaca Surat Yasin - Termasuk Melunasi Hutang

M Abdullah Badri
Kamis, 15 Agustus 2019

pahala membaca surat yasin untuk mayit
Keutamaan membaca surat Yasin untuk mayit yang sakaratul maut dan lainnya.

Oleh M Abdullah Badri

SEBELUMNYA, penulis telah mengulas keutamaan surat Yasin dalam Tafsir Yasin Ayat: 1-3 Tentang Asbabun Nuzul dan Keutamaaan Yasin, yang diterjemahkan dari Syarah Tafsir Yasin karya Syaikh Hamami Zadah.

Lebih khusus artikel terjemahan ini mengulas keutamaan membaca Surat Yasin. Mengutip hadits Rasulullah Saw., Syaikh Hamami Zadah menulis:

Sesungguhnya Allah membaca Surat Yasin dan Thaha sebelum menciptakan langit-langit dan bumi selih 2000 tahun. Ketika para mendengarnya, mereka berkata,

"Beruntung sekali umat Muhammad. Diturunkan kepada mereka dua surat ini. Sungguh beruntung pula bagi mereka yang menghafal kedua surat itu. Dan beruntunglah mulut orang-orang yang membincang kedua surat tersebut".

Baca: Tahlilan dan Hakikat Makna La Ilaha IllaAllah

Keutamaan Surat Yasin juga diungkapkan Nabi Muhammad Saw., dalam haditsnya yang berbunyi,

أن أهل الجنة لا يقرؤون شيا من القرأن إلا طه و يس وسورة الرحمن

Artinya:
"Sesungguhnya penduduk surga tidak membaca dari Al-Qur'an kecuali Surat Thaha, Yasin dan Surat Ar-Rahman". 

Nabi Saw., juga bersabda dalam hadits, yang artinya: "Siapa saja muslim atau muslimah yang dibacakan Surat Yasin di sampingnya saat sakaratul maut, diturunkanlah kepada mereka berdua (muslim/muslimah) dari setiap hurufnya, 10 malaikat. Mereka (malaikat) berdiri di sampingnya, menyalatinya, meminta ampun kepadanya, menjadi saksi saat dimandikan dan mengikuti janazahnya (ke kubur)".

Nabi Saw. juga menyatakan, أكثروا قراءة هذه السورة فإن فيها خصائص كثيرة (perbanyaklah membaca surat ini (Yasin) karena di dalamnya terkandung kekhusuhan yang sangat banyak). 

Dalam syarah hadits tentang kekhususan Surat Yasin ini, diungkapan khasiatnya antara lain:

  1. Bila ada orang yang lapar dan membaca Surat Yasin dengan khudzurul qalb (menghadirkan keyakinan yang penuh), dia akan kenyang atas fadhal Allah Swt. 
  2. Bila Surat Yasin dibaca oleh orang yang sedang ketakutan, Allah akan menghilangkan rasa takut dan susahnya. 
  3. Bila dia miskin/fakir, dan membaca Surat Yasin, hutangnya lunas. InsyaAllah.
  4. Bila ada hajat (keinginan), membaca Surat Yasin bisa mempermudah terkabulnya hajat tersebut. 
  5. Bila Surat Yasin dibaca waktu pagi, dia akan mendapatkan rasa aman dari Allah hingga sore hari. 
  6. Bila Surat Yasin dibaca atau sedang ditafsirkan di suatu daerah, Allah akan menghilangkan dari daerah tersebut segala bala', kebencian, kekeringan, marabahaya dan penyakit, saking agungnya Surat Yasin. (semoga proses terjemahkan Yasin oleh penulis terhitung bagian dari hilangnya bala' di Desa Ngabul). 
  7. Bila Surat Yasin dibaca pada malam hari (misalnya malam Jum'at), maka keluarganya mendapatkan rasa aman dari Allah hingga esok hari. 
  8. Bila Surat Yasin dibacakan kepada mayit, ia akan diringankan dari siksa kubur bila dia tergolong min ahlil adzab (yang mendapatkan balasan siksa kubur). Bila dia tidak termasuk golongan ahli adzab, mayit akan mendapatkan kenikmatan di kuburnya, sebagai ziyadah (tambahan) balasan amalnya. Karena kubur adalah taman surga dan bisa pula menjadi jurang dari banyaknya jurang neraka. 

Demikian keutamaan membaca Surat Yasin, yang diterjemahkan penulis dari Syarah Tafsir Yasin oleh Syaikh Hamami Zadah - Kamis malam (15/08/2019). [badriologi.com]