Satu Lagi Situs Official NU Mulai Mengudara Untuk 10 Tahun Mendatang

membuat website murah meriah tanpa ribet
Tampilan weblog resmi NU Cipayung
Oleh M Abdullah Badri

SETELAH situs Pengurus Cabang NU (PCNU) Kabupaten Cianjur Jawa Barat selasai saya setting weblognya (www.pcnucianjur.or.id), giliran Ahad kemarin, 3 Februari 2019, pengurus MWC NU Cipayung, Depok, Jawa Barat, selesai saya setting. Ini alamat domainnya: www.nucipayung.or.id. Butuh beberapa hari untuk bisa mengudara.

Sebetulnya, sejak akhir Januari 2019 lalu saya menyediakan diri membantu setting situs NU, sudah banyak pengurus NU di daerah (PC, MWC, PR) yang berikrar akan membuat situs semacam yang sudah saya setting itu. Tapi tertunda karena harus melewati rapat antar pengurus karena harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk membeli domain.

Pakai alamat berakhiran or.id itu sangat murah (50K setahun plus pajak). Dan memang saya sarankan menggunakan domain tersebut karena selain murah, insyaAllah alamat domainnya banyak yang masih tersedia dibeli. Pasalnya, membeli akhiran or.id butuh SK. Baca juga: Membuat Situs NU Berbiaya Murah dan Berumur Panjang 10 Tahun.

Jika yang dibuat adalah situs NU Cabang, berarti harus men-scan SK pengurus NU nya dari PBNU. Bila MWC, maka harus menyertakan SK dari PCNU setempat. Begitu pula ranting, harus menyertakan SK dari PCNU. Sama halnya dengan lembaga dan Banom di bawah NU. Syarat yang harus dikirim kepada saya adalah:

  1. SK Pengurus (lengkap dan harus jelas, tidak boleh buram),
  2. KTP admin yang masih berlaku (harus jelas, tidak buram),
  3. Dana membeli alamat domain dan hosting senilai Rp. 550.033 (untuk domain 10 tahun dan hosting spanel 3 tahun). Transfer sendiri ke rekening pihak penyedia domain (PANDI),
  4. Kirim balik bukti transfernya ke WhatsApp saya untuk konfirmasi pembayaran domain terpilih. 

Sudah, itu saja. Lalu, tentukan domain yang mau dipilih untuk saya beli. Misalnya, untuk pengurus NU Papua, bisa dipilih, nupapua.or.id, atau lainnya, saya ngikut keputusan.

Hanya saja, saya mau menyetting jika domain yang dibeli berumur 10 tahun. Jelas sekali hal itu untuk berjaga-jaga agar ketika admin vakum postingan, konten yang sudah mengudara tetap bisa diakses setidaknya 10 tahun mendatang.

Membuat Logo Website

Tapi maaf, saya tidak bisa membuat logo website dan bentuk kreatif desain lainnya untuk keperluan lebih mempercatik weblog yang sudah saya setting. Saya tidak bisa mendesain pakai aplikasi corel maupun lainnya. Tapi insyaAllah bila membutuhkan hal itu, ada penyedia jasa profesional desain siap membantu. Teman saya.

Semoga saja setahun ada puluhan weblog NU yang mengudara hingga 10 tahun mendatang. Postingan awal saya beri 10 artikel. Saya ambil dari blog pribadi dan situs yang saya kelola —karena saya tahu duduk perkara kontennya— atau dari media online lain yang terkait dengan peristiwa NU setempat yang memesan alamat domain. Lalu, postingan selanjutnya bisa dilanjutkan oleh admin yang bertanggungjawab.

Tidak usah repot membayar saya untuk jasa setting weblog begitu. Kirimi saja saya Al-Fatihah sekali pas ada acara istighatsah NU atau lainnya. Saya hanya mohon doa supaya diakui muridnya Mbah Hasyim Asy’ari ikut nyengkuyung “mengurus NU” sesuai yang saya bisa. Saya tahu, menjadi pengurus NU itu berat. Kadang menjadi pengurus malah harus ikut diurus. [badriologi.com]

Klik untuk komentar
 
close
Banner iklan disini