10 Laknat Allah Bagi Orang yang Menghina Nabi Muhammad Saw (Al-Qalam ayat 10-15)
Cari Judul Esai

Advertisement

10 Laknat Allah Bagi Orang yang Menghina Nabi Muhammad Saw (Al-Qalam ayat 10-15)

M Abdullah Badri
Senin, 27 Mei 2019

hukuman bagi yang menghina nabi muhammad saw
Balasan bagi orang yang menghina Nabi Muhammad Saw.
Oleh M Abdullah Badri

IBNU Abbas meriwayatkan, barang siapa yang membacakan shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. satu kali, maka dia akan mendapatkan imbalan balasan dari Allah Swt. hingga 10 kali lipat. Begitu pula sebaliknya, siapa saja yang menghina Nabi, menghardik-nya, maka Allah memberikan 10 laknat kepadanya.

Baca: Tafsir Surat Al-Wâqi’ah (Ayat 1-16) - Kelompok Manusia Saat Kiamat

Ibnu Abbas kemudian memberikan contoh Walid bin Mughirah, orang yang pernah menghina Nabi satu kali, dan dilaknat oleh Allah Swt. hingga 10 kali. Ibnu Abbas menfasirkan laknat Allah Swt. dari Surat Al-Qalam ayat 10-15.

وَلا تُطِعْ كُلَّ حَلافٍ مَهِينٍ (١٠) هَمَّازٍ مَشَّاءٍ بِنَمِيمٍ (١١) مَنَّاعٍ لِلْخَيْرِ مُعْتَدٍ أَثِيمٍ (١٢) عُتُلٍّ بَعْدَ ذَلِكَ زَنِيمٍ (١٣) أَنْ كَانَ ذَا مَالٍ وَبَنِينَ (١٤)إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِ آيَاتُنَا قَالَ أَسَاطِيرُ الأوَّلِينَ (١٥

Artinya:
10. Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang (banyak mengumbar) bersumpah dan suka menghina.

11. (Terlalu) suka mencela, yang kesana-kemari menebar omongan fitnah untuk membuat kerusakan. 

12. Yang merintangi segala yang baik (mencegah orang lain masuk Islam), yang melampaui batas (lalim) dan banyak melakukan dosa (yang sangat banyak).

Baca: Islamnya Abu Bakar dan Ramalan Nasrani atas Kelahiran Nabi

13. Yang bertabiat kasar (sombong), selain itu juga terkenal kejahatannya (walid memiliki sebutan anak A-Mugirah yang artinya "orang lain" karena dia diasuh oleh orang tua dengan jalan zina/بطريقة الزنا)

14. (Hanya) karena dia (merasa) kaya dan banyak anak. (Walid bin Mughirah berani menghina karena dia sombong memiliki banyak harta yang jumlahnya ada 900 mistqal [56.7000 gram karena tiap satu mistqal setara 6,3 gram] emas, dan anaknya ada 10 orang). 

15. Apabila ayat-ayat Kami dibacakan kepadanya, dia berkata, "(Ini adalah) dongeng-dongeng orang dahulu". (Artinya, tidak ada yang menakjubkan dalam kisah-kisah yang diberitakan Nabi dari umat terdahulu). 

10 Sifat dalam ayat di atas itulah yang menurut Sayyidina Ibnu Abbas disebut sebagai laknat Allah kepada mereka yang menghina Rasulullah Saw. karena sombong. Sifat-sifat mereka yang dilaknat Allah karena menghina Nabi Muhammad Saw. adalah:

  1. Hallafin Mahin (حَلافٍ مَهِينٍ)
  2. Hammazin (هَمَّازٍ)
  3. Massaim Binamim (مَشَّاءٍ بِنَمِيمٍ)
  4. Mannail Lilkhoiri (مَنَّاعٍ لِلْخَيْر)
  5. Mu'tadin (مُعْتَدٍ)
  6. Atsim (أَثِيمٍ)
  7. Utullin (عُتُلٍّ)
  8. Zanim (زَنِيمٍ)
  9. Dza Malin wa Banin (ذَا مَالٍ وَبَنِينَ)
  10. Qala Asatirul Awwalin (قَالَ أَسَاطِيرُ الأوَّلِينَ)

Demikian 10 laknat Allah bagi mereka yang menghina Nabi Muhammad Saw., seperti ditulis dalam Kitab Nasha'ihul Ibad (Bab Usyari), disyarah oleh Syeikh Nawawi al-Bantani dan saya terjemahkan setelah ngaji posonan tiap sore bersama warga desa, Senin Pahing (27 Mei 2019/22 Ramadhan 1440 H). Tanggal 24, 25 dan 26 Mei 2019, ngaji libur. [badriologi.com]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah