Kebersamaan Buka Bersama Itu Menyisakan Ironi
Cari Judul Esai

Advertisement

Kebersamaan Buka Bersama Itu Menyisakan Ironi

M Abdullah Badri
Selasa, 04 Juni 2019

buka bersama bani badri abdul hadi bin marsam bin sareh
Buka bersama keluarga di rumah Ngabul, Senin (3 Juni 2019) sore. 
Oleh M Abdullah Badri

USAI sowan Gus Muwafiq di Jogja selama tiga hari (Jumat-Ahad/ 30 Mei - 2 Juni 2019), keluarga besar di rumah menyelenggarakan acara buka bersama lengkap dengan Pak Lek, Bu Lek dan misanan yang jumlahnya, jika kumpul semua, ada puluhan.

Hidangan mulai lele, tahu, tempe, ayam, sate dan lainnya tertuang dalam kebersamaaan di tanggal 29 Ramadhan 1440 tersebut. Canda tawa berbagi cerita penting dan tidak penting muncul dalam suasana yang jarang sekali terjadi.

Baca: Kisah Korban Penyewaan Rental Mobil di Jepara yang Dihutangkan

Adik-adik yang mukim di pondok, kampus di beberapa daerah tumplek bleg kumpul dalam buka bersama H-1 lebaran 1 Syawwal yang pada tahun ini jatuh pada Selasa malam 5 Juni 2019.

Sayangnya, ada satu orang anggota keluarga yang tidak hadir dalam kesempatan berkah tersebut karena dia ada di luar kota sejak empat bulan terakhir. Hapenya tidak bisa dihubungi dan rumah kontrakannya kosong tak terawat.

Entah dia dan suaminya tinggal di mana, tidak ada yang mengetahui. Dia hilang raib bak ditelan bumi karena menghilang tanpa kabar sejak diterpa kabar miring tentangnya, yang banyak berurusan dengan orang lain.

Kebersamaan keluarga dalam buka bersama sore itu ternyata manyisakan ironi karena kejadian yang tidak pernah diprediksi sebelumnya. [badriologi.com]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah