Download Tarikh Auliya karya KH. Bisri Musthofa (1)
Cari Judul Esai

Advertisement

Loading...

Download Tarikh Auliya karya KH. Bisri Musthofa (1)

M Abdullah Badri
Jumat, 06 September 2019
Loading...

download kitab tarikh auliya karya bisri musthofa
Cover Kitab Tarikhul Auliya KH. Bisri Musthofa

Oleh M Abdullah Badri

KITAB Tarikh Auliya' (Tarikh Walisongo) adalah risalah kecil yang dicatat oleh KH. Bisri Mustofa Rembang yang menjelaskan babad para wali Allah di tanah Jawa. Dalam catatan tersebut juga ditulis catatan sejarah Indonesia secara ringkas dalam bahasa Jawa Pegon, yang saya terjemahkan (transliterasi) ke Bahasa Indonesia menjadi 12 judul di blog ini.

Catatan ini rampung ditulis pada Bulan Shafarul Khair 1372 H. Dalam muqaddimahnya, Kiai Bisri menjelaskan pentingnya ilmu sejarah. Berikut terjemahnya, dari Bahasa Arab:

Ilmu sejarah adalah disiplin ilmu yang darinya bisa diketahui laku orang-orang terdahulu. Gunanya adalah mengabarkan kebenaran kepada mereka yang seharusnya memang berhak menerima kebenaran.

Selain itu, dengan sejarah, ada harapan untuk kembali kepada contoh kepribadian yang baik, beramal shalih, memperbanyak amal tersbut serta menumbuhkan amal-amal itu (di kemudian hari).

Baca: Jejak Wudlu Syaikh Subakir di Cikmas Karimunjawa - Airnya Tawar Meski di Laut

Allah Ta'ala berfirman, "atas seluruhnya, tiada lain Aku (Allah) mengisahkan kepadamu (Muhammad) dari cerita-cerita para Rasul untuk menumbuhkan kemantapan di dalam hati (fuad)mu".

Sa'ad bin Abi Waqqash ra. berkata, ayahnya juga selalu mengajarinya sejarah peperangan Rasulullah Saw. dan balatentara beliau. "Anakku, ini adalah sejarah mulai dari bapak-bapakmu (pendahulumu). Jangan melupakan untuk selalu mengingatnya," demikian kata ayahnya ke Sa'ad bin Abi Waqqash.


Zain Al-Iraqi rahimahullah berkata, sebaiknya seorang pelajar mengetahui perjalanan sejarah. Di sanalah terkumpul perkara yang benar dan apa saja yang telah diingkari. Demikian kata Zain Al-Iraqi.

Imam Ahmad bin Hambal dan para imam lainnya, ketika mereka semua meriwayatkan hukum halal dan haram, mereka sangat bersungguh-sungguh (memberatkan amalnya). Tapi ketika mereka meriwayatkan tentang amal keutamaan (fadha'il), mereka tasahul (membuatnya mudah - tidak memberatkan).

Demikian terjemah halaman 1 Kitab Tarikh Auliya' KH. Bisri Musthofa. Ditulis pada Jumat, 6 September 2019, pukul 13.04 WIB. Terjamah berikutnya: Sejarah Indonesia Minus Bab Sejarah Singkat Para Sunan dan Wali (2). Link download Kitab Tarikh Auliya (13.2 MB). [badriologi.com]

Loading...