Menjajal Kopi Khas Madura yang Sehalus Kopi Lasem -->
Cari Judul Esai

Advertisement

Menjajal Kopi Khas Madura yang Sehalus Kopi Lasem

M Abdullah Badri
Sabtu, 14 Desember 2019
Jual Kitab Kuning Pethuk

Dolar dari download buku
ciri khas kopi madura tidak sama dengan kopi bun yamani asal yaman
Kopi khas Madura sehalus Lasem.

Oleh M Abdullah Badri

BILA ada teman yang bertanya kopi apa yang paling saya suka, jawabnya adalah kopi Vietnam. Sering saya pesan saat nongkrong di kafe-kafe. Bila tidak ada, saya pesan kopi khas Lasem, karena lembutnya. Bila ada kopi Pati yang berwarna cokelat (karena ditanam di kebun coklat), saya pesan kopi tersebut. Tapi sangat jarang ada.

Nah, ketika ziarah ke Makam Syaichona Cholil (10-13 Desember 2019), saya kebetulan memiliki kesempatan ngopi khas racikan Madura, di sebelah masjid kubah kompleks makam. Rasanya ternyata mirip seperti kopi Lasem, yang lembut, tapi kuat citra rasa kopinya.

Baca: Kopi Cinta Tarakan dan Buah Lai Nunukan, Kalimantan Utara

Berbeda dengan kopi Yaman. Saat saya berkunjung ke teman sepondok di Sragen, -yang sekarang berbisnia travel Umroh,- kopi Yaman bermerk Bun Yamani itu, kata dia, bahan bakunya diambil dari Indonesia. Negara kita, kata dia, adalah pengimpor terbesar biji kopi ke Timur Tengah.

Makanya, ketika saya mencicipi kopi Yaman itu, rasanya tidak ada yang beda dengan kopi hitam Kapal Api. Hanya saja baunya yang agak wangi karena konon diberi campuran khusus, yang tidak ada di Indonesia. Jadilah merk kopi Bun Yamani.

Bila ingin mencicipi, pesan sendiri yah. Hehe. [badriologi.com]

Flashdisk Ribuan Kitab PDF

close
Kitab Makna Pesantren