Tokoh Pena Nasrudin Joha Dicari Gus Muwafiq, Mengapa?
Cari Judul Esai

Advertisement

Tokoh Pena Nasrudin Joha Dicari Gus Muwafiq, Mengapa?

M Abdullah Badri
Kamis, 06 Juni 2019

jadwal pengajian gus muwafiq
Gus Muwafiq serius mencari tokoh dibalik penulis yang mengatasnamakan Nasrudin Joha untuk memprovokasi massa dengan tulisan-tulisan nya yang penuh dengan logika celaka mengusung khilafah tahririyyah.

Oleh M Abdullah Badri

NASRUDIN Joha adalah tokoh sufi yang hidup semasa dengan Abu Nawas/Abu Nuwas dan sama juga kualitas lucu antar keduanya. Hidup di abad 13 pada zaman Dinasti Saljuk dan tinggal di dekat Kota Konya, Turki sekarang.

Namun, nama itu akhir-akhir ini dipakai oleh seorang penulis yang tulisannnya banyak menuai kontroversi karena membuat narasi yang tidak berpihak pada kedamaian dan persatuan Indonesia. Dalam beberapa tulisan Nasrudin Joha alias yang dimuat nasrudinjoha.blogspot.com, dia tidak sungkan memperjuangkan khilafah tahririyah.

Baca: Tanggapan Gus Muwafiq Tentang Perusuh 22 Mei yang Gagal Mencari Pembeli

Tema-tema yang diangkat bukannya bernada jenaka, tapi penuh dengan logika celaka. Salah satunya, dia menyebut, kalau kita tidak setuju dengan gagasan-gagasan dalam tulisannya yang diklaim sendiri olehnya seolah apa adanya karena "ada apanya" itu, maka kita disarankan untuk menegakkan khilafah sebagai ganti dari dirinya yang memperjuangkannnya.

Nasrudin Joha alias juga acap menuduh rezim pemerintahan saat ini mengkriminalisasi ulama, bekerjasama dengan aseng dan asong serta menawarkan solusi la budda-nya, khilafah.

Dalam blognya, dia telah menulis 108 judul artikel berisi penuh provokasi dan hoax, terhitung sejak 22 Juni 2018, setidaknya saat esai ini saya buat pada 6 Juni 2019.

Gara-gara penulis yang mengatasnamakan Nasrudin Joha, nama baik tokoh sufi di era pertengahan tersebut lebih familiar disebut provokator daripada inspirator dengan gaya jenakanya bersama Abu Nawas.

Tulisan-tulisan Nasrudin cukup menganggu iklim peradaban dunia maya yang lama dibangun untuk kebersamaan.

Baca: Innalillah, Dosen Bahasa Arab UIN Sebut Buku Alfiyah Sebagai Kumpulan Wirid

Atas alasan itulah, Gus Muwafiq mencari tokoh penulis dibalik nama Nasrudin Joha. Beliau ingin berkenalan dan pengen nyuleg saja via handphone.

"Biar dia tahu kalau aku tahu siapa dia," kata Gus Muwafiq.

Belakangan, ada yang menduga nama Nasrudin Joha dipakai oleh seorang tokoh Hizbut Tahrir bernama Irkham Fahmi Anjatani. Kalau benar, dia dapat salam culeg dari Gus Muwafiq. Yang tahu nomor hape Nasrudin Joha silakan komentar di bawah postingan ini segera. [badriologi.com]