Yang Penting Kumpul di Halal Bihalal -->
Cari Judul Esai

Advertisement

Yang Penting Kumpul di Halal Bihalal

Badriologi
Sabtu, 07 Mei 2022
Flashdisk Ebook Islami

Jasko Rijalul Ansor
tujuan halal bihalal menurut islam
Foto bersama usai acara Halal Bihalal Alumni TBS 2005 Kelas A di Kudus, Jumat (6 Mei 2022).
Foto: badriologi.com.


Oleh M. Abdullah Badri


LAMA tak bersua sejak 2005, sekira 17an tahun, pada Jumat Pahing malam Sabtu Pon (5 Syawwal 1443 H/6 Mei 2022), saat Halal Bihalal digelar, saya bertemu dengan kawan lama sesama alumnus madrasah TBS Kudus. Namanya Hafidh. 


Betapa kaget, saat ia masuk ke rumah tuan rumah Halal Bihalal, yakni Dr. Tajuddin Arafat (di Kudus), bodynya tampak tidak seperti dulu. Ia tambun subur dan makmur. 


Baca: Menjawab Islam Nusantara dan Tahlilan yang Dituduh Warisan Hindu


Momentum itu pun jadi pecah gegara dialah satu-satunya kawan yang selama puluhan tahun terakhir baru kali ini nongol ikut jagongan di Halal Bihalal yang biasanya hanya diisi tahlilan saja. Apapun bentuk acaranya, yang penting kumpul walau setahun cuma sekali. 


Malam itu jadi malam nostalgia konco-konco alumi kelas yang sejak lulus sudah diagendakan rutin. Selama 10 tahun terakhir, tahun 2022 adalah yang ramai pesertanya. Kebetulan memang di Kudus dan mayoritas alumni memang berdomisili di Kudus.  


Baca: Siti Jenar Pembuat Urutan Tahlilan?


Tahun 2023 nanti insyaAllah akan diselenggarakan di Grobogan. Jadwal rutin tahunan hingga 2026 sudah diagendakan di postingan berjudul: Tradisi Halal Bihalal Alumni Madrasah TBS Kudus


Catatan ini hanya sebagai dokumen giat saja. Biar mereka tidak lupa di tahun-tahun berikutnya. [badriologi.com]


Flashdisk Ribuan Kitab PDF

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB